Best Advertise Site

Cara Publikasi Global Karya Tulis :

Kegiatan publikasi karya ilmiah sekarang tidaklah sesulit dahulu. Publikasi melewati berbagai media cetak maupun elektronik baik instan akses maupun konvensional sangat bisa digunakan untuk mengenalkan karya ilmiah kepada public.

Dahulu media elektronik maupun cetak merupakan momok masalah terbesar untuk menjadi media publikasi karya ilmiah. Hal ini memang wajar karena media media tersebut merupakan badan usaha profit, mereka sangat mementingkan profit di atas segalanya. Akibatnya karya ilmiah yang notabene merupakan tulisan ilmiah yang 90% nonprofit tidak bisa menembus dinding kepentingan ekonomi mereka. Hal ini terjadi disemua negara negara berkembang maupun negara maju. Akibatnya adalah sains tidak bisa berkembang terlebih dinegara ke tiga.

Kendala yang dihadapai sekarang beberapa hal yang vital dan yang bukan essensi tetapi tetap menjadi kendala, ;

  1. Biaya
  2. Media publikasi
  3. Pengabsahan karya ilmiah/ legitimasi
  4. Dukungan pemerintah
  5. Masyarakat pengguna/ stake holder

Pada kesempaatan ini saya hanya membahas tentang publikasi saja. Hal ini saya angkat sebagai wujud keprihatinan dengan kondisi Indonesia yang masih dibawah, baik kualitas maupun kuantitas, karya ilmiah yang terkait dengan IPTEK di Indonesia.

Para peneliti maupun penulis menghadapai kendala biaya yang sebenarnya bukanlah vital dari sisi keilmuan. Sehingga mereka menempuh jalan yang murah dan mudah untuk merealisasikan karya ilmiahnya. Hal ini menjadi prinsip baku yang terjadi di Negara ini. Setuju atau tidak, suka atau tidak hampir 100% karya ilmiah yang tidak bisa menembus publikasi media elit adalah karya apkiran, hasil plagiat, dan bermutu rendah. Prinsip di atas seakan selaras dengan prinsip bahwa pembuatan karya ilmiah hanya semata mata sebagai pemenuhan prosedur saja untuk mencapai suatu tujuan. Seperti banyak terjadi pada penulisan skipsi, tesis, laporan kegiatan pada lembaga lembaga pendidikan formal maupun non formal. Ini juga lazim terjadi pada dunia usaha maupun tubuh pemerintahan. Laporan, Amdal, dan lainya hanya sebatas pemenuhan persyaratan dan bukan sebuah fakta dan realitas.

Sekarang tidaklah menjadi masalah, hal hal tersebut biarlah pula berjalan seperti adanya. Yang terpenting adalah para penulis dan peneliti dapat mempublikasikan hasil karyanya dengan mudah tanpa perlu mengikuti prosedur standar yang ditetapkan oleh lembaga pemerintah maupun lembaga lainnya. Kita hanya perlu publikasi ke dunia global untuk kepentingan ilmu pengetahuan itu sendiri, dan tujuan tujuan kita sebagai penulis atau peneliti. Singkatnya berbagai kendala di atas bukanlah untuk ilmu pengetahuan tetapi untuk kepentingan mereka, sehingga bukan menjadi hal vital bagi kita.

Solusi yang di tawarkan dunia global sekarang beragam, dapat menembus batas otoritas, regional, maupun hukum ekonomi, sesuai dengan akidah ilmu pengetahuan yang universal dan  kausal, kita dapat memulai kegiatan publikasi karya ilmiah, jurnal maupun non-jurnal secara online. Banyaknya situs yang menyediakan service free blog, dan bertebarannya web ilmiah dan blog blog non profit dapat menjadi lahan garapan baru bagi penulis dan  peneliti. Bahkan tidak sedikit web/ blog khususnya untuk sistem publikasi karya ilmia/ jurnal, salah satunya telah dimigrasikan menjadi sarana tersendiri yang dikelola oleh LIPI dengan nama Jurnal Online. Di situs ini hanya dilakukan publikasi untuk karya-karya ilmiah non-jurnal.

Lebih dari itu para penulis maupun peneliti dapat pula membuat blog/web personal mereka. Sesuai dengan bidang mereka masing masing dengan privasi dan otoritas yang mutak, tanpa harus mempedulikan segala kendala tersebut di atas. Artinya mereke menulis karya ilmiah atupun jurnal dengan independent dan lebih utama dilakukan secara publikasi global yang menembus batas batas wilayah dan dimensi waktu.

Anda juga dapat sekedar mengirimkan tulisan/ karya ilmiah ke alamat web bertebaran atau blog ilmiah. Contoh untuk bidang garapan fisika, anda dapat aktif menulis di blog komonitas fisikawan, misalnya, www,fisikanet.lipi.go.id. Publikasi online di situs ini hanya difokuskan pada karya ilmiah non-jurnal. Bagi Anda yang tertarik untuk membagi pengetahuan dengan sivitas fisika lain, kami persilahkan mengirimkan naskah kepada kami atau langsung ke situs tersebut.

Adapun Prosedur pengiriman naskah yaitu :

  1. Pada prinsipnya naskah dalam format apapun diterima, namun sangat disarankan untuk memakai format PDF. Konversi ke format PDF bisa dibuat dari MS-Word, postscript, LaTeX dan sebagainya.
  2. Untuk memperkecil data, sebelum dikirim dimohon untuk mengkompresnya terlebih dahulu.
  3. Kirimkan naskah melalui surat elektronik sebagai lampiran ke publikasi@fisika.net.
  4. Penulis bisa mendistribusikan karyanya secara cuma-cuma atau dengan sistem royalti dari pembaca (semacam shareware). Untuk itu bagi setiap pengirim mohon mencamtumkan dengan jelas jenis distribusi yang diinginkan. Bila memakai sistem shareware, mohon dilengkapi dengan info nilai royalti yang diinginkan (biasanya antara lk. Rp. 5.000 per-pembaca yang men-download) serta rekening bank untuk tujuan transfer pembayaran.

Sebagai catatan, sarana ini hanya menyediakan tempat untuk mempublikasikan dan tidak menangani masalah transaksi pembayaran dsb. Masalah transaksi pembayaran sepenuhnya menjadi tanggung-jawab langsung penulis dan pembaca.

Saya pribadi mengundang anda untuk menulis karya ilmiah atau jurnal/ non-jurnal, maupun sekedar artikel lepas untuk dipublikasikan diblog saya ini, caranya sederhana naskah tulisan anda bisa dikirim ke ;

  1. noripansyah.affsan@gmail.com nanti saya postingkan/publikasikan ke internet. Atau
  2. noripansyah.affsan.11021976@blogger.com untuk pengiriman (posting/publikasi) ke situs internet saya ini.
  3. noripansyah15@yahoo.com

Saya dapat menerima jenis jenis tulisan berikut:

Namun Jenis karya ilmiah ;

Jenis karya non ilmiah

  • Jurnal
  • Opini
  • Artikel  lepas
  • Berita/ Informasi
  • Tulisan bidang  social, pendidikan, hukum, budaya, dll.

mohon maaf untuk sementara saya tidak dapat memberikan royalty kepada penulis yang mempostingkan karyanya, sehubungan dengan kendala Nomor 1, yang belum memungkinkan. Semoga kedepannya saya dapat lebih propesional mengelola kiriman karya tulis yang dipublikasikan disitus saya ini dengan imbalan yang layak bagi mereka.

Apa yang anda tunggu???

Mari berbagi informasi dan pengetahuan yang berguna.

Anda memiliki pertanyaan lain, silahkan menghubungi kami melalu kontak noripansyah.affsan@gmail.com.

go global…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: